AI mengubah Landscape Kesehatan: Dokter Masa Depan?

 

AI mengubah landscape dunia kesehatan sangat signifikan. Ini menyangkut layanan kesehatan dan perawatan pasien ke arah yang lebih baik. Salah satunya pada Rekam medis elektronik merupakan salah satu contoh perubahan landscape dunia kesehatan

Kehadiran AI (Artificial Intelligence) telah menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Termasuk bagaimana AI telah mengubah landscape dunia kesehatan. Apakah AI akan menjadi dokter masa depan?


Di dunia, AI sebagai kecerdasan buatan ini telah mengubah banyak hal secara drastis. AI mengambil banyak peran pada tugas berulang yang dikerjakan manusia bahkan mengungkap tren dan pola yang tidak terlihat oleh manusia itu sendiri.


AI bisa menjadi simbol kekuatan dan potensi yang dapat mengubah dunia jauh lebih baik. Peran AI (artificial Intelligence) telah mengambil langkah besar dalam mengubah landscape dunia diberbagai sektor, seperti dunia pendidikan, industri, teknologi, hiburan, e-commerce, transportasi, finansial hingga dunia kesehatan.


Seperti halnya anda menemukan artikel ini, juga merupakan salah satu contoh cara kerja kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yaitu bertugas menganalisis, memprediksi dan melakukan personalisasi pada hasil pencarian di mesin internet.


Atau sama juga saat anda melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter via online atau melalui platform kesehatan. Disana juga terdapat peran AI yang cukup penting, disisi lain AI juga bisa menjadi sahabat dokter yang cukup handal, dimana AI dapat mengubah cara kerja dokter secara signifikan dan lebih efisien.


Sebagian besar negara di dunia telah menginvestasikan sumber dayanya untuk mengintegrasikan teknologi AI pada layanan kesehatan mereka. Seberapa besarkah kemampuan dan peran AI dalam mengubah landscape dunia kesehatan? 



Siapa AI? Dan Bagaimana AI terlibat dalam Dunia Kesehatan?

AI bukanlah manusia. Tetapi kemampuan yang diciptakan AI (artificial Intelligence) ini memungkinkan berbagai tugas manusia yang menggunakan kemampuan kognitif dapat dilakukan oleh AI. Meski begitu, AI sebagai kecerdasan buatan ini terus melakukan pengembangan karena potensi teknologi AI dalam mengubah landscape kehidupan ini tak terbatas.

Secara umum, AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence yang artinya kecerdasan buatan. AI merupakan sebuah teknologi atau kemampuan mesin yang dapat meniru kecerdasan atau kemampuan kognitif manusia seperti menganalisa, memahami, belajar, berpikir, mengenal pola dan lainnya.

Dalam dunia kesehatan, kemampuan kognitif yang dapat dilakukan AI (Artificial Intelligence) ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan layanan kesehatan dimana AI dapat bekerja lebih efisien, cepat, dan akurat. Cara kerja AI dalam dunia kesehatan ini berupa cara mendiagnosis penyakit, melakukan analisis data medis dan data molekul (menentukan pengobatan dan pengembangan obat), pemantauan Pasien bahkan pengendalian robot bedah, dan assisten virtual kesehatan.



Peran AI dalam Mengubah Landscape Kesehatan

Peran AI dalam mengubah landscape dunia kesehatan, AI memiliki manfaat cukup penting bagi kesehatan terutama bagi peningkatan layanan kesehatan seperti rekam medis elektronik

Peran AI (Artificial Intelligence) dalam dunia kesehatan telah membuka pintu inovasi yang baru dan mengubah landscape kesehatan saat ini. Peran ini membawa kualitas layanan dan perawatan pasien menuju kearah yang jauh lebih baik.

AI (Artificial Intelligence) terbagi atas berbagai macam AI. Dalam perannya pada dunia kesehatan, terdapat beberapa jenis AI yang umum digunakan, yakni sebagai berikut:

  1. Machine Learning (pembelajaran mesin). Ini merupakan salah satu jenis AI dengan kemampuan untuk belajar dan berkembang, ia dapat menemukan pola dan membuat keputusan. Machine learning memiliki banyak peran seperti: memberikan rekomendasi, pengenalan gambar, menerjemahkan, mendeteksi hingga melakukan prediksi. Contoh penerapan Machine Learning di bidang kesehatan yakni: melakukan diagnosis penyakit, analisis data, pengembangan obat, pemantauan Pasien, robot bedah hingga Chatbot medis.
  2. Deep Learning (pembelajaran mendalam), merupakan subbagian dari Machine Learning tetapi Deep Learning melakukan tugas analisis data yang lebih besar dan kompleks serta terinspirasi dari struktur dan fungsi otak manusia. Contohnya mampu mengidentifikasi jenis kanker, mendeteksi tumor dan lainnya.
  3. Natural Language Processing (NLP). Dalam bahasa Indonesia disebut Pemrosesan Bahasa Alami. Tugas NLP adalah mendukung komputer untuk memahami dan menghasilkan bahasa alami, contohnya Chatbot Medis, pengembangan obat, ekstraksi informasi rekam medis, dan lainnya.
  4. Robotic Processing Automation (RPA). Merupakan jenis AI yang menggunakan teknologi perangkat lunak yang mampu mengotomatisasi tugas berulang yang biasa dilakukan manusia. Dalam dunia kesehatan, biasanya digunakan untuk mengotomatisasi tugas administratif, menjadwalkan janji temu, analisis data, hingga pelabelan obat pasien dan lainnya.

Dampak dari peran dan keterlibatan AI (Artificial Intelligence) dalam dunia kesehatan memiliki potensi yang cukup besar mengubahnya kearah yang jauh lebih baik. Ibaratnya, hadirnya teknologi AI dalam dunia kesehatan merupakan angin segar. Tidak hanya memberi keuntungan bagi dokter dan tenaga medis, juga bagi pasien terutama peningkatan kualitas layanan dan perawatan pasien.


Manfaat Peran AI (Artificial Intelligence) dalam Mengubah Landscape Kesehatan

Peran Artificial Intelligence (AI) telah mengubah landscape dunia kesehatan secara signifikan. Dengan demikian, manfaat AI dalam dunia kesehatan, yakni sebagai berikut:
  1. Efisiensi tugas dan layanan kesehatan.  Dimana AI memiliki kemampuan mengotomatisasi tugas rutin manusia, contohnya di dunia kesehatan seperti tugas administratif. Sehingga, tenaga medis bisa lebih fokus kepada pasien dan meningkatkan kualitas layanan.
  2. Memberikan hasil diagnosa yang lebih akurat. Dengan kemampuan teknologi yakni menganalisis lebih cepat dan akurat, misalnya pada data medis (gambar X-Ray, MRI dan lainnya), sehingga dapat membantu dokter dalam perawatan pasien lebih baik dan efisien. 
  3. Pemantauan pasien. AI juga dapat melakukan pantauan kondisi pasien meski dari rumah dengan sensor yang dimilikinya sehingga dokter bisa memberikan perawatan yang tepat dan efektif.
  4. Personalisasi Pengobatan. AI juga memiliki kemampuan analisis pada data genetik pasien, sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi obat yang tepat serta pengobatan yang lebih personal.
  5. Membantu Operasi lebih presisi. Salah satu contoh jenis AI yakni machine learning adalah robot bedah. Robot AI ini dapat melakukan operasi dengan akurasi sangat tinggi dan lebih presisi.
  6. AI membantu pengembangan obat baru. AI memiliki kemampuan dalam menganalisis data dalam jumlah besar, kemampuan ini juga dapat membantu dalam penemuan dan pengembangan obat baru. 
  7. Dan lainnya. 

Contoh penerapan teknologi AI dalam dunia kesehatan yang lebih spesifik, misalnya: Radiologi, Onkologi, Epidemiologi, Farmakologi hingga platform kesehatan yang terintegrasi AI misalnya eHealth.co.id. Rekam Medis Elektronik (RME) juga merupakan contoh dari perubahan landscape dunia kesehatan saat ini.



Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan Integrasi AI yang mengubah landscape dunia kesehatan 


Rekam medis elektronik merupakan salah satu contoh peran AI dalam dunia kesehatan juga termasuk contoh AI yang telah mengubah landscape dunia kesehatan saat ini


Rekam Medis Elektronik bukan termasuk contoh penerapan teknologi AI, tetapi platform kesehatan yang menyediakan Rekam Medis Elektronik (RME) adalah termasuk contoh penerapan AI. Sebab, dalam platform kesehatan Rekam Medis Elektronik (RME) terdapat sistem teknologi AI yang canggih terintegrasi didalamnya.

Meski demikian, Rekam Medis Elektronik (RME) dengan teknologi AI (artificial Intelligence) juga menjadi bagian yang tak terpisahkan, saling berkaitan dan ketergantungan. Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan integrasi AI yang mengubah landscape dunia kesehatan saat ini. Bicara tentang integral sistem kesehatan modern karena faktor AI juga akan berkaitan dengan Rekam Medis Elektronik (RME). 



Apa itu Rekam Medis Elektronik 

RME (Rekam Medis Elektronik) merupakan sistem digital yang memiliki fungsi untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data kesehatan pasien. Semua data berupa hasil pemeriksaan terhadap pasien akan tercatat secara elektronik dalam sistem ini seperti hasil pemeriksaan, riwayat penyakit, termasuk resep obat dan lainnya. RME merupakan cara yang lebih modern dari catatan medis konvensional yang masih menggunakan kertas. Dengan RME semuanya menjadi lebih sistematis, praktis dan efisien.



Bagaimana RME (Rekam Medis Elektronik) mengubah landscape dunia kesehatan?

Integrasi AI pada Rekam Medis Elektronik mewujudkan sebuah perubahan besar di dunia kesehatan. Jelas, karena ini membawa peralihan dari sistem yang manual ke cara digital dengan kinerja yang lebih efisien, cepat, dan akurat dari berbagai peningkatan kualitas layanan dan data pasien.

Penerapan AI pada Rekam Medis Elektronik menjadi solusi yang sangat komperhensif, menjanjikan efisiensi dan akurasi yang tinggi dalam mengelola data pasien. Dimasa ini kertas mungkin tidak begitu banyak dibutuhkan lagi, tetapi resiko kesalahan akibat keteledoran manusia bisa dikurangi, peningkatan layanan kesehatan, dan perawatan pasien lebih dikedepankan.

RME (Rekam Medis Elektronik) telah mengubah Landscape dunia kesehatan ke era yang lebih maju dan berkembang. Adanya Rekam Medis Elektronik membawa kita dalam alur kerja klinis yang lebih modern dan efisien. Kita beralih kedalam sistem kesehatan yang terintegrasi dengan cara dokumentasi sistematis dan format digital yang aman. 

Di Indonesia, pemerintah terus mendorong para tenaga medis dan penyedia layanan kesehatan agar menerapkan RME untuk meningkatkan kualitas layanan dan perawatan bagi pasien, yakni dengan PERMENKES No.24/2022 tentang Rekam Medis, disebutkan tentang kewajiban bagi fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) seperti tempat praktek dokter, klinik, puskesmas, rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya untuk menggunakan sistem pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik, atau kata lainnya Rekam Medis Elektronik.

Pentingnya penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) yang terintegrasi AI dalam sistem layanan kesehatan yang telah mengubah landscape dunia kesehatan saat ini adalah lebih mengacu pada:
  1. Kepatuhan regulasi;
  2. Digitalisasi data;
  3. Mengurangi resiko kesalahan manusia;
  4. Akses informasi lebih mudah;
  5. Kesiapan menghadapi masa depan;
  6. Peningkatan kualitas layanan.



Platform kesehatan RME terintegrasi AI di Indonesia yang Terbaik

Kita dapat melihat bagaimana peran AI telah mengubah landscape dunia kesehatan. Platform kesehatan adalah salah satu contoh peran AI dalam dunia kesehatan. Salah satu platform kesehatan yang merupakan sebuah inovasi yang menjanjikan dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan dan perawatan pasien adalah platform kesehatan terintegrasi AI yang menyediakan Rekam  Medis Elektronik. Yaitu eHealth.co.id


eHealth.co.id merupakan software yang berfokus pada solusi kesehatan digital dan komprehensif untuk mengelola rekam medis secara elektronik dan terintegrasi AI. eHealth.co.id hadir sebagai revolusi baru di era modern dan masa depan yang menawarkan solusi digital untuk pengelolaan data kesehatan, termasuk rekam medis pasien.

eHealth.co.id merupakan salah satu platform kesehatan yang menerapkan rekam medis elektronik terintegrasi AI dan merupakan contoh bagaimana AI telah mengubah landscape dunia kesehatan saat ini
Sumber: dok. eHealth.co.id


eHealth.co.id tidak hanya mengintegrasikan teknologi AI pada sistem Rekam Medis Elektronik, tetapi juga keberbagai aspek yang bisa dimanfaatkan seperti pelayanan kesehatan, apotek, administrasi, hingga kasir dan semua kebutuhan layanan kesehatan menjadi satu sistem yang terpadu dan lengkap.

Berikut adalah penerapan atau integrasi  AI pada RME eHealth.co.id, yakni:
  1. Diagnosa lebih cepat dan akurat: AI pada RME eHealth.co.id ini akan menganalisis data pasien mulai dari hasil pemeriksaan, gejala hingga keluhan pasien hingga menentukan kode ICD-10 yang tepat. 
  2. Meningkatkan efisiensi kerja dan layanan kesehatan;
  3. Pembelajaran Berkelanjutan: Integrasi AI pada RME eHealth.co.id dapat belajar dari sejumlah besar data pasien yang tersimpan dalam sistem. Sistem dapat mengikuti informasi medis terkini bahkan klasifikasi ICD-10 hingga protokol diagnosis terbaru.
  4. Terus Berkembang: eHealth.co.id tidak sebatas hanya tentang diagnosa penyakit. Tetapi akan terus berkembang dan terintegrasi dengan berbagai fungsi lainnya.

Beberapa kelebihan dari platform kesehatan eHealth.co.id sebagai platform kesehatan yang terintegrasi teknologi AI terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki Pendamping Privat. eHealth.co.id menyediakan pendamping privat mulai dari bantuan teknis, pelatihan online gratis, serta pendamping dalam WhatsApp grup sehingga dapat digunakan siapapun dengan mudah;
  2. Solusi Offline. eHealth.co.id juga bisa sebagai solusi RME offline yang memungkinkan fasilitas kesehatan di daerah dengan keterbatasan jaringan tetap dapat menggunakan sistem RME;
  3. Bisa digunakan semua FASKES;
  4. Biaya terjangkau, dan Hitung Estimasi Biaya Paling Mudah. Biaya daftar GRATIS, pelatihan online 3x gratis serta gratis biaya pemeliharaan. Tersedia pilihan paket terjangkau dari bulanan, tahunan atau selamanya lengkap termasuk fitur hitung estimasi biaya untuk klinik yang sangat mudah;
  5. Berpengalaman dan memiliki Kredibilitas Tinggi. eHealth.co.id hadir sebagai pionir dalam bidang RME di Indonesia yang memiliki pengalaman luas serta memiliki kredibilitas yang kuat;
  6. Aksesibilitas Tinggi, data pasien dapat diakses lebih cepat, mudah dan efisien dimanapun dan kapanpun;
  7. Memiliki Fitur Komprehensif, seperti fitur manajemen pasien, resep elektronik, hingga analisis data;
  8. Dukungan Pelanggan yang Baik. Seperti menyediakan pelatihan juga dan bantuan teknis yang memadai untuk pengguna;
  9. Kustomisasi Tinggi, sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap fasilitas kesehatan;
  10. Pemasangan dan Penggunaan Lebih Mudah dan Cepat. Setelah terdaftar sistem bisa langsung digunakan;
  11. Terintegrasi dengan Sistem Lain (SatuSehat dan BPJS). eHealth.co.id juga terintegrasi dengan sistem lain seperti Satu Sehat, BPJS, sistem pembayaran lengkap, sistem laboratorium dan sistem apotek.



Mungkinkah AI menjadi Dokter Masa Depan?

Tidak, AI tidak bisa menjadi dokter layaknya manusia. Tetapi AI akan sangat diperlukan baik hari ini maupun masa depan sebagai bagian yang tak bisa dipisahkan dari dunia kesehatan. 

AI atau kecerdasan buatan ini telah mengubah landscape dunia kesehatan, tidak hanya menjadi asisten dokter yang cerdas. AI juga menjadi alat bantu yang handal bagi tenaga medis dan semua penyedia layanan kesehatan. Potensi AI dalam mengubah landscape dunia kesehatan hari ini dan masa depan sangat besar termasuk mengubah cara pandang kita tentang kesehatan di era modern, mengubah peran dokter, dan menjadi bagian yang potensial dalam membawa arah dunia kesehatan lebih efisien, akurasi, dan kualitas perawatan yang jauh lebih baik.

Termasuk RME (Rekam Medis Elektronik) yang menjadi bagian penting dalam praktek kedokteran masa depan. Rekam medis elektronik akan menjadi pionir dalam modernisasi kesehatan termasuk transformasi mendalam bagi dokter masa depan.



________________
Referensi:
  • Beranda eHealth.co.id
  • Blog eHealth.co.id (6 Alasan AI pada RME eHealth.co.id Menjadi Pilihan Tepat). Link: https://ehealth.co.id/blog/post/6-alasan-ai-pada-rme-e-health-co-id-menjadi-pilihan-tepat/
  • Blog eHealth.co.id (5 Keunggulan eHealth.co.id Sebagai Vendor Penyedia RME). Link: https://ehealth.co.id/blog/post/5-keunggulan-e-health-co-id-sebagai-vendor-penyedia-rme/
  • Artificial Intelligence eHealth.co.id, link: https://ehealth.co.id/artificial-intelligence/
  • PERMENKES NO.24/2022 - tentang Rekam Medis. Link: https://peraturan.bpk.go.id/Details/245544/permenkes-no-24-tahun-2022

Posting Komentar

0 Komentar